Viewer

free counters

Sabtu, 19 November 2011

Peta Pita



PETA PITA



Peta Pita adalah gambaran keadaan daerah/wilayah yang dilewati dalam suatu perjalanan yang digambar pada gulungan kertas berbentuk pita. Dalam kepramukaanpun peta pita sering digunakan, terutama oleh para adik-adik Penggalang untuk pelaksanaan kegiatan widegame atau kegiatan dialam terbuka yang lain. Peta pita juga termasuk salah satu dari teknik kepramukaan (TEKPRAM) yang seharusnya dikuasai oleh seorang pramuka.


Kegunaan peta pita sangat erat hubungannnya dengan tujuan dibuatnya peta pita itu sendiri. Tujuan pembuatan peta pita antara lain :
 
1.    Sebagai pedoman/petunjuk perjalanan
       Apabila akan menuju suatu tempat melintasi daerah yang belum dikenal ada kemungkinan akan tersesat. Kalau hal ini terjadi maka dengan bantuan peta pita yang dibuat dengan mudah kembali menuju posisi semula. Dalam hal ini peta pita digunakan terbalik (berlawanan arah dengan proses pembuatannya)
2.    Sebagai dokumentasi perjalanan
       Apabila suatu saat akan mengulangi kembali perjalanan melalui daerah yang sama, dengan bantuan peta pita hal ini dengan mudah dilakukan
3.    Sebagai pedoman membuat peta wilayah
       Dengan pedoman peta pita dengan mudah dapat membuat peta daerah/wilayah tertentu. Tinggal penyesuaian dengan skala yang diperlukan 

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan peta pita :
1.     Penentuan Skala
               Hal ini erat kaitannya dengan jarak yang akan ditempuh selama melakukan perjalanan dengan kertas yang ada.
2.     Pembuatan Keterangan
               Keterangan yang dimaksud adalah apa-apa yang dilihat selama melakukan perjalanan baik yang ada disebelah kiri maupun yang ada di sebelah kanan, yang perlu diperhatikan adalah tanda-tanda berupa bangunan-bangunan penting atau suatu daerah yang mencolok dan merupakan sesuatu yang mudah dilihat dan diperhatikan. Keterangan dituliskan dalam bentuk gambar peta dan tulisan.
3.    Penulisan Arah Utara, Jarak, dan Waktu
                Arah utara digambarkan sesuai dengan arah utara kompas. Jarak dituliskan berdasarkan ukuran yang ada dengan skala yang sudah ditentukan. Untuk waktu bisa dilihat dengan jam sesuai saat berangkat dan tiba di setiap belokan.

Untuk pembuatan peta pita, setiap pergantian arah perjalanan maka harus kita gambarkan, demikian seterusnya sampai daerah yang kita tuju. Gambar keterangan peta dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan contoh berikut




Tidak ada komentar:

Posting Komentar